Penanaman nilai-nilai luhur pendidikan karakter akan efektif jika ada konsistensi antara nilai-nilai yang ditanamkan pada masa usia dini, Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah, sampai dengan Perguruan Tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (melalui eksplorasi), nilai-nilai karakter yang dipahami guru dan upaya untuk menanamkannya kepada siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Dibawah ini adalah nilai-nilai TK Sunan Ampel Menganti.
Penilaian TK Sunan Ampel Menganti
Penilaian dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain melalui pengamatan dan pencatatan anekdot. Pengamatan dilakukan untuk mengetahui perkembangan dan sikap anak yang dilakukan dengan mengamati tingkah laku anak dalam kehidupan sehari-hari secara terus menerus. Sedangkan pencatatan anekdot merupakan sekumpulan catatan tentang sikap dan perilaku anak dalam situasi tertentu. Pembagian alat penilaian yang dapat digunakan untuk memperoleh gambaran perkembangan kemampuan dan perilaku anak, antara lain:
- Observasi
Pengamatan yang dilakukan secara langsung dan alamiah untuk mendapatkan data dan informasi tentang perkembangan anak dalam berbagai situasi dan kegiatan yang dilakukan.
- Catatan Anekdot
Pencatatan melalui pengamatan langsung tentang sikap maupun perilaku anak yang muncul secara tiba-tiba.
- Unjuk Kerja
Penilaian yang dilakukan dengan mengamati anak saat melakukan kegiatan.
- Hasil Kerja
Hasil dari kerja anak setelah melakukan kegiatan.
- Portofolio
Hasil dari kerja anak setelah melakukan kegiatan.
- Catatan Parenting
Pencatatan perilaku anak dari sekolah yang dilaporkan kepada orang tua.